Jumat, 23 Oktober 2009

Bimbingan Belajar anak Tunanetra

Sekolah Luar Biasa sebagai lembaga pendidikan bagi anak-anak luar biasa seyoqyanya memberikan layanan yang optimal dalam rangka mempersiapkan anak agar dapat menolong dirinya sendiri serta dapat mengatasi masalah yang dihadapinya pada masa sekarang dan yang akan datang. Dengan pendidikan yang baik mereka akan dapat mandiri dan berperan serta dalam pembangunan sesuai dengan batas-batas kemampuannya. Oleh sebab itu SLB merupakan lembaga yang dapat membantu anak tunanetra dalam mencapai perkembangannya yang optimal sesuai dengan tingkat dan jenis keluarbiasaannya
Sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dalam program pendidikan , maka pendidikan mencakup pengajaran, pelatihan dan bimbingan. Pengajaran dan latihan sebagai inti dari proses pendidikan memerlukan penyelenggaraan sistem administrasi yang baik, supervisi yang teratur serta layanan bimbingan konseling yang terarah. Dengan administrasi yang baik akan memudahkan pelaksanaan proses belajar mengajar kepada anak, supervisi yang teratur sangat membantu penyelelenggaraan proses belajar mengajar dengan baik. Justru dari itulah kekurangan –kekurangan atau kesalahan-kesalahan dalam penyelenggaraan proses
belajar mengajar dapat segera diatasi dengan memberikan perbaikan dan peningkatan , termasuk peningkatan kemampuan guru.SLB tunanetra dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar terhadap anak tunanetra masih banyak terdapat kesenjangan. Hal ini akan menyebabkan anak tunanetra belum mampu melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan baik,kurang mandiri, prestasi belajar yang diperoleh belum memuaskan, dan bakat yang mereka miliki belum dapat berkembang secara optimal. Dengan demikian, untuk menciptakan suasana proses belajar mengajar yang baik bagi anak tunanetra juga tidak akan terlepas dari penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam bidang bimbingan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar