Jumat, 23 Oktober 2009

Life skill anak Tunanetra

1. Kecakapan hidup yang dimiliki siswa tunanetra adalah : (a) kecakapan personal; (b) kecakapan sosial; (c) kecakapan akademik; dan (d) kecakapan vokasional.
a. Kecakapan Personal
Kecakapan personal mencakup kecakapan akan kesadaran diri atau memahami konsep diri. Siswa tunanetra memahami penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan, menerima dan mensyukuri kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, merasa percaya dir dan tidak bergantung pada orang lain, karena semua manusia sama di hadapan Allah, mereka menyakini sebagai hamba Allah, sehingga akan mendorong untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya. Nampaknya keyakinan akan adanya Tuhan terhadap apa yang terjadi di muka bumi ini menjadikan siswa tunanetra memahami dan menerima kekurangan yang dialaminya dalam kehidupan ini, sehingga menjadikan siswa tunanetra memiliki kelebihan dibandingkan dengan siswa normal lainnya, siswa tunanetra mempunyai perasaan yang sangat peka terhadap lingkungannya. Seperti memiliki rasa sensitif pada orang lain, dan bahkan ada pula dari mereka yang merasakan dirinya tidak berguna, karena adanya gangguan penglihatan pada siswa tunanetra mempunyai implikasi terhadap upaya pengembangan penghayatan diri. Sedangkan penglihatan merupakan saluran utamanya bagi seseorang untuk menghimpun fakta yang di lingkungan, sehingga dapat memperoleh pengetahuan pengalaman dan informasi namun demikian siswa tunanetra memahami diri melalui penggunaan indera lain.
Pendengaran merupakan saluran utama bagi siswa tenanetra dalam memperoleh stimulus dari lingkungan yang ditunjang oleh indera penciuman, perabaan, pengecapan. Melalui indera ini siswa tunanetra akan terdorong untuk menggali, memelihara dan mengembangkan serta memanfaatkan potensi diri yang dimilikinya, seperti kebanyakan dari siswa tunanetra yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mereka lebih mengembangkan potensi dirinya pada kegiatan main musik, pijat atau massage. Sehingga mereka merasa berguna bagi lingkungannya, dimana mereka dapat mengamalkan kelebihan pada dirinya untuk orang-orang di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar